Outdoor Motivation

Go Green, Go Happy, Go Success



PENDAHULUAN
Untuk menciptakan teamwork yang Powerful, hal yang paling mendasar untuk dilakukan adalah bagaimana menciptakan rasa kebersamaan dalam team tersebut. Hal ini dapat diciptakan melalui suatu kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan Team Building. Team Building adalah bentuk kerjasama dalam satu tim. Unsur dalam kerjasama adalah saling mendukung, bersatu, menghargai, sehati sejiwa, saling mengisi dan menguatkan serta kompak. Dengan demikian, suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki jiwa team building akan mampu mencapai tujuan bersama.

GAGASAN
Kenapa outbound training banyak diminati dalam upaya pengembangan SDM?
Karena di dalamnya terdapat metode yang dapat mencakup tiga area pengembangan dalam proses pembelajaran yaitu KOGNITIF, EFEKTIF dan PSIKOMOTORIK dan dapat dikaitkan langsung dengan masalah individu ( sikap personal ) dan pekerjaan ( sikap professional ). Model outbound ini sesuai pula untuk cara belajar orang dewasa karena melibatkan sacara langsung beberapa faktor ( yaitu fisik, pengetahuan, emosi, pengalaman masa lalu dan spiritual ) intinya kami sebut metode learning by doing atau experiential learning.

MAKSUD & TUJUAN
·         Mengasah sifat-sifat baik dari masing-masing pribadi sehingga lebih mengenal diri sendiri yang dengan demikian dapat lebih peka terhadap lingkungan sekitar dia berada.
·         Dengan berada di alam bebas, diharapkan peserta dapat melupakan sejenak ketegangan yang disebabkan oleh rutinitas kesehariaannya sehingga peserta dapat lebih segar ketika kembali dalam aktivitasnya.
·         Meningkatkan rasa kebersamaan dalam lingkup team maupun masyarakat.
·         Menggali potensi individu agar dapat mengembangkan kemampuan pribadinya melalui tantangan-tantangan mental dan fisik, sehingga selalu lebih siap untuk menghadapi apapun tantangan yang akan dihadapi.
METODE PELATIHAN
Menggunakan metode partisipatif dan psychodrama melalui pembelajaran di alam bebas.Pengembangan Diri ( Personal Building) :
·         Setiap partisipan dituntut memiliki komitmen pertumbuhan dan optimalisasi perkembangan diri melalui pemahaman cintakasih, etika dan spiritualitas dalam kebhinnekaan. Bertumbuh bersama dalam proses bersama orang lain.
·          Strategi Perencanaan ( Strategic Building) : Setiap partisipan diajak untuk mencoba, berlatih dan menyusun perencanaan misi berdasarkan setiap visi yang ditentukan oleh individu maupun organisasi.
·          Pembangkitan Kekuatan Mental dan Spiritual ( Mental & Spiritual Power Awakening) . Penggunaan Neuro Languistic Programming dan harmonisasi body & Mind akan membawa partisipan mengalami pengalaman dahsyat mengenai kekuatan diri, penajaman intuisi dan self-theraupetic. partisipan diajak secara langsung mengeksplorasi diri ( self-exploration) bersama team ( live-in Team) melalui diskusi-aksi-refleksi, perencanaan & perbaikan implementasi serta komitmen.
·         Teknik-teknik terbaru ADULT LEARNING yang menekan-kan pada suasana Positif, Antusias dan Kondusif, diselingi GAMES dan ROLE PLAY yang inovatif, dan pembentukan situasi dan simulasi pembelajaran melalui pengalaman (experiential learning) sehingga memperoleh hasil yang tepat guna.
BENTUK PELATIHAN
·         Membangun Grup ( Team Building) : setiap partisipan dituntut mengenal seluruh komponen yang terlibat, memecahkan kekakuan birokrasi, kebekuan komunikasi dan pengetahuan tentang kekuatan & kelemahan serta kesatuan individu dan memiliki sikap saling membutuhkan.
·         Kerjasama Kelompok ( Team Work & Soliditas Building) : Penekanan pada peningkatan kemampuan kinerja tim yang didasari oleh komitmen pribadi anggota tim terhadapi elemen-elemen dasar efektifitas dan efisiensi kerja tim. Reaksi alami dalam berbagi peranan, pengorbanan, saling menghargai, komunitas terbuka terhadap komitmen dan saling menyemangati akan terbangun suatu ikatan kebersaman untuk membangkitkan antusiame, le esprite de corp.
·         Kepemimpinan dan Pendelegasian ( Leadership Building) : Partisipan mengeksplorasi karakter-karakter seorang pemimpin seperti halnya komitmen, visi, kemampuan mendegar secara aktif dan suri tauladan. Partisipan mengalami karakter-karakter ini secara nyata untuk dapat memadukan kompetensi individual dan memberdayakan sehingga memberikan kontribusi untuk pencapaian suatu tujuan.
HIGHLIGHT MATERI
Program ini dilakukan di alam bebas melalui management penugasan EDUTAINMENT, dimana kita kombinasikan Edukasi dan Entertainment. Program ini akan di bawakan oleh Coach berpengalaman MAT (Motivation Avhievement Training) - Neuro Linguistic Programming ( NLP, Mindset, mental & spiritual power) dan di dukung fasilitator outdoor yang menguasai teknik SAR akan menghantar partisipan ke dalam situasi Experience Learning yang fun, memorable dan aplikatif dalam kehidupan pribadi dan organisasi.

HIGHLIGHT PROGRAM
  • Ice Breaking
    Memecahkan suasana yang kaku, dalam session ini para peserta diharapkan lebih mengenal antara peserta satu dengan yang lainnya.
          Communication
Peserta akan dikondisikan dalam situasi permainan-permainan yang menarik, tidak membosankan. Berkomunikasi, membangkitkan rasa percaya terhadap rekan dalam kelompoknya.
          Team Building
Peserta diarahkan menjadi “Team Player’ yang handal. Saling mendukung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini.
          Problem Solving
Peserta mampu mengenali masalah yang ada serta prioritas penyelesaiannya, serta mampu memilih informasi yang relevan dan membuat analisis serta keputusan untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.
          Leadership Skill
Peserta secara tidak sadar akan terasah leadership skillnya saat menjalankan perintah dalam sebuah games, peserta juga akan memahami bahwa untuk menjadi leader yang baik harus mau dan patuh saat di pimpin orang lain.
          Competition Games
Menjadi pemenang diantara pesaing-pesaing (kelompok lain), dengan mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok
.

Detail Informasi dan Program Silahkan Hubungi

                                                     0811 282 1980 / 0811 260 1980
    Blogger Comment
    Facebook Comment